EFEST 2016 - SMP - STORY TELLING
Story Telling
A. KETENTUAN UMUM
1. Peserta adalah pelajar tingkat SMP/sederajat se-JABODETABEK
2. 5 peserta terbaik di tiap wilayah akan masuk babak final
3. Pemenang lomba terdiri dari juara I dan II
4. Peserta lomba adalah perseorangan.
5. Peserta wajib mengikuti Technical Meeting
6. Peserta yang tidak mengikuti technical meeting dianggap telah menyetujui semua keputusan pada saat technical meeting.
7. Peserta wajib mengikuti ketentuan yang telah ditentukan panitia selama mengikuti lomba.
8. Setiap peserta wajib saling menghormati dan menjaga ketertiban serta kebersihan selama acara berlangsung.
9. Pada hari perlombaan, peserta/pendamping harus melakukan regitrasi paling lambat 30 menit sebelum lomba dimulai.
10. Apabila ada pergantian peserta yang sudah terdaftar, maka pihak sekolah harus menghubungi pihak panitia dengan batas waktu technical meeting dilaksanakan.
B. TEKNIS PERLOMBAAN DAN KRITERIA PENILAIAN STORY TELLING
1. Penentuan nomor urut peserta dilakukan secara acak saat technical meeting.
2. Peserta yang tidak hadir setelah 3x pemanggilan akan ditempatkan pada nomor urut akhir. Dan apabila peserta tidak hadir pada pemanggilan kedua (setelah ditempatkan di urut terakhir) akan didiskualifikasi.
3. Setiap peserta menampilkan cerita dalam bahasa Inggris.
4. Penampilan story telling terdiri dari:
- Introduction
- Story
- Moral value
5. Peserta membawa teks Story Telling yang telah dipersiapkan dan diserahkan kepada juri sebanyak 3 buah, 1 buah untuk arsip panitia dan 2 untuk juri
6. Lomba Story Telling terdiri dari 2 babak; babak penyisihan & babak final.
7. Peserta dipersilahkan menentukan tema Story Telling yang akan ditampilkan pada babak penyisihan dan tidak diperkenankan sama dengan tema pada babak final. Pada babak final dan penyisihan terdapat 2 tema yang telah ditentukan, yaitu:
a. Folklore
b. Fairy tale
8. Para peserta Story Telling tidak diperkenankan menggunakan background hidup (manusia, hewan, dan tumbuhan) namun diperbolehkan menggunakan properti.
9. Peserta hanya diperbolehkan membawa satu pendamping. Pendamping dari masing-masing peserta yang bersangkutan tidak diperkenankan membantu peserta dan membuat kegaduhan selama acara berlangsung.
10. Pendamping diposisikan pada tempat yang telah disediakan oleh panitia.
11. Yang ada didalam ruangan ketika acara hanyalah peserta, juri, panitia dan satu orang pendamping, sedangkan peserta yang belum tampil akan menunggu giliran dan melakukan persiapan diluar ruangan.
12. Setiap peserta mempunyai waktu tidak lebih dari 7 menit untuk menampilkan story telling. Time keeper akan menunjukan waktu dimulainya peserta memulai untuk bercerita dengan rambu warna hijau, apabila waktu telah mencapai 5 menit time keeper akan mengingatkan waktu yang tersisa dengan rambu warna kuning dan setelah 7 menit atau lebih maka time keeper akan menyetop peserta sebagai tanda warna merah.
13. Durasi tiap peserta tidak lebih dari 7 menit (diberi waktu kompensasi 20 detik untuk menyelesaikan cerita setelah 7 menit). Apabila melebihi waktu kompensasi yang diberikan, maka akan dikenakan pinalti berupa pengurangan nilai sebanyak 5 poin (berlaku kelipatan setiap 20 detik). Apabila penampilan peserta kurang dari 6 menit 40 detik , maka akan diberikan pengurangan poin sebanyak 5 poin per 20 detik.
14. Kriteria penilaian lomba Story Telling untuk babak penyisihan dan babak final meliputi:
· Introduction
· Setting
· Characters
· Plot
· Story conclusion
· Voice mechanic
· Face/body/gesture
· Focus
· Characterization
· Use of space
15. Penilaian sepenuhnya berada di tangan juri dan keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.
C. Ketentuan Peserta
1. Peserta wajib mengenakan tanda dan nomor peserta
2. Setiap peserta diperbolehkan mengenakan kostum sesuai dengan tema.
3. Setiap peserta didampingi oleh seorang pendamping dari sekolah yang bersangkutan.
5. Hal-hal lain yang belum tercantum di atas akan ditentukan kemudian oleh panitia berdasarkan kepatutan.
D. KRITERIA PENILAIAN
No
|
Aspects
|
Criteria
|
Score
|
1
|
Introduction
|
Able to tell the introduction including the important details
|
3
|
Able to tell some of the main points from the introduction
|
2
| ||
Has difficulty in telling how the story began, may give inaccurate information
|
1
| ||
2
|
Setting
|
Able to describe where the story takes place, including the important details about the setting
|
3
|
Able to describe the setting , yet has difficulty supplying description and detail
|
2
| ||
Is not able to explain the setting for the story, may completely leave the setting out of the telling
|
1
| ||
3
|
Characters
|
Able to explain the characters’ thoughts, feelings, and actions
|
3
|
Able to tell the characters from the story, including some important detail
|
2
| ||
Has difficulty telling the characters in the story, gives limited or inaccurate information
|
1
| ||
4
|
Plot
|
Able to describe the chain of events in the corrects sequence and explain the supporting details
|
3
|
Able to tell the plot in the correct sequence, yet does not include all the important events and details
|
2
| ||
Is not able to describe the chain of events in the correct sequence, gives inaccurate information
|
1
| ||
5
|
Story Conclusion
|
Able to describe the conclusion and includes implicit information about the story
|
3
|
Able to describe the conclusion and includes explicit information about how the story ended
|
2
| ||
Has difficulty telling how the story ended and explaining explicit and implicit information
|
1
|
The maximum score : 15
The score obtained by student X 60
The maximum score
No
|
Aspects
|
Criteria
|
Score
|
1
|
Voice Mechanics
|
Very clear volume with very clear pronunciation, non-monotonous voice
|
4
|
Clear volume with quite clear pronunciation, non-monotonous voice
|
3
| ||
Quite clear volume with slightly clear pronunciation, quite non-monotonous voice
|
2
| ||
Unclear volume and pronunciation with monotous voice
|
1
| ||
2
|
Face/body/gesture
|
Able to deliver the story expressively supported by movement of the body
|
4
|
Able to deliver the story quite expressive supported by movement of the body
|
3
| ||
Able to deliver the story slightly expressive supported by movement of the body
|
2
| ||
Inexpressively deliver the story with no movement of the body
|
1
| ||
3
|
Focus
|
Very good consentration with very engaging eye contact
|
4
|
Good consentration with very engaging eye contact
|
3
| ||
Quite good consentration with very engaging eye contact
|
2
| ||
Lose consentration with no eye contact
|
1
| ||
4
|
Characterizations
|
Very good in differentiating each characters’ voice
|
4
|
Quite good in differentiating each characters’ voice
|
3
| ||
Slightly good in differentiating each characters’ voice
|
2
| ||
Unable to differentiating each characters’ voice
|
1
| ||
5
|
Use of Spaces
|
Speaks comfortably, relaxed and confidently in front of the audiences
|
4
|
Speaks quite comfortably, quite relaxed but less confidently in front of the audiences
| |||
Speaks less comfortably, show some signs of nervousness
|
2
| ||
Nervous and unable to speak coherently
|
1
|
The maximum score : 20
The score obtained by student X 40
The maximum score
Komentar
Posting Komentar